Website Online Converter Image/Foto

Terkadang kita butuh men-convert sebuah image untuk keperluan tertentu, semisal memperkecil ukuran file image. Namun terkadang kita terkendala software yang ada di komputer. Daripada ribet install ini itu, berikut beberapa website yang bisa digunakan sebagai solusi alternatif:

1. tinypng.com
Berguna untuk men-compress/memperkecil file size image PNG (transparan) tanpa merubah resolusi image. Awalnya tahu website ini dari teman game developer. Dia sering memakainya untuk men-compress aset-aset gamenya. Gue akui hasil algoritma website ini lebih baik daripada fitur Save for Web-nya Photoshop. Dengan kualitas image yang sama Tinypng dapat menghasilkan ukuran file lebih kecil daripada Photoshop.

2. tinyjpg.com
Saudaranya tinypng.com, bedanya ini untuk gambar JPG (image non tranparan).

3. remove.bg
Website ini mengunakan AI (Artificial Intelligence) untuk menghapus background foto. Sangat berguna bagi yang sering men-cut foto portrait/membersihkan background foto. Hasilnya bagus. Barusan mencoba bisa membersihkan background foto portrait dengan frizzy hair (rambut yang agak bercabang) & hasilnya memuaskan. Yang sering bersentuhan dengan digital imaging tentu tau gimana susahnya nge-cut foto portrait dengan frizzy hair. Recommended! berbayar tapi. Tenang aja ada free 1 image buat nge-test kemampuan algoritmanya.

4. letsenhance.io
Kalau website ini menggunakan ML (Machine Learning) untuk memperbesar foto dengan berusaha tetap menjaga kualitasnya. Kalau tanpa ML, scaling image berbasis piksel seperti foto pasti hasilnya bakal pecah. Dengan ML hasil scaling-nya bisa lebih smooth.

5. colourise.sg
Website ini bisa otomatis mengubah foto hitam putih menjadi berwarna dengan tone warna keadaan Singapura zaman dahulu. Dengan menggunakan Deep Learning website ini sangat berguna untuk mewarnai foto-foto zaman dahulu. Keadaan Indonesia zaman dahulu mirip dengan Singapura, harusnya foto-foto Indonesia zaman dahulu bisa diwarnai di sini (maksudnya hasilnya lumayan mendekati). Tetapi kurang cocok untuk mewarnai foto dengan latar keadaan yang berbeda dengan Singapura, misal untuk mewarnai foto zaman dulu Jepang atau Eropa. Tapi ga ada salahnya sih kalau mau iseng mencoba, toh beberapa waktu yang lalu orang bule juga ramai mencoba website ini & membagi hasilnya Twitter. Mereka cukup takjub dengan hasil algoritmanya. Good job colourise.sg!

Catatan:
Walaupun layanan di atas kebanyakan gratis tapi perlu diperhatikan foto yang diupload, usahakan jangan mengupload foto yang berisi informasi sensitif (misal: hasil scan KTP, paspor dll) karena setiap website mempunyai kebijakan sendiri-sendiri. Ada yang menyimpan foto yang di-upload user & ada yang tidak. Gunakan layanan online tersebut dengan bijak.