KLM Surprise

Beberapa waktu yang lalu saya menemukan sebuah video menarik yang berjudul ‘KLM Surprise’.

Setelah menonton video tersebut muncul satu kalimat “Wow..it’s brilliant!!”
Bagaimana nggak, dari video tersebut kita bisa melihat betapa jelinya manajemen KLM (Koninklijke Luchtvaart Maatschappij N.V. sebuah maskapai penerbangan global dari Belanda, sekaligus salah satu maskapai tertua di dunia) memanfaatkan social media sebagai sarana brand engagement sekaligus viral marketing. Sebenernya idenya simple, tapi bener-bener ngga kepikiran bahwa social media yang biasa kita pakai sehari-hari bisa dimanfaatkan oleh KLM ‘sejenius’ itu!

Berikut step by step dari program ‘KLM Surprise’ tersebut:

  1. Cek penumpang yang check-in Foursquare di lokasi KLM atau yang nge-tweet di Twitter.
  2. Cari & pelajari profil social media penumpang tersebut untuk menentukan gift apa yang akan diberikan ke mereka. Gift-nya pun sebenernya bukanlah barang-barang mahal tetapi memang sangat personal banget, soalnya disesuaikan dengan profil penumpang tersebut. Semisal dari hasil analisis profil social media penumpang tersebut ternyata suka berolahraga maka disiapkan gift Nike+ FuelBand, atau bagi penumpang yang akan pergi travelling ke New York diberikan buku panduan travelling di New York dll.
  3. Mencari penumpang tadi di bandara serta memberikannya gift yang telah disiapkan.
  4. Siap-siap deh melihat senyum ceria dari penumpang yang dikasih surprise gift tadi.

Dan setelah kegiatan ini dilakukan KLM beberapa waktu ternyata impresi dari user di social media sangatlah positif. Dari Twitter aja ‘KLM Surprise’ diperbincangkan lebih dari 1.000.000 kali…Wow!!!

Serasa sekali mendayung 2 pulau terlampaui tercapai bukan? Dengan memberikan surprise gift, KLM berhasil meningkat brand engagement secara positif, karna penumpang bisa merasa mendapatkan pelayanan spesial dari KLM dan sekaligus sebagai sarana viral marketing di social media.

Dan saya sangat suka dengan closing statement di video tersebut:

“In the age of social media, doing something that creates smile on somebody face is much cooler than attaching smiley face.”

:)