7 Teknik & Aplikasi untuk Bikin Konten Instagram yang Beda

Bosan dengan konten Instagram yang berupa foto & video standar bawaan smartphone kamu. Tertarik bikin konten Instagram yang beda & kece. Kamu bisa mencoba 7 teknik berikut plus aplikasi pendukung yang bisa kamu gunain buat bikin posting-an Instagram-mu tambah keren.

1. Video Editing
Sebelum smartphone membanjiri pasar seperti saat ini, dahulu biasanya kita cuma bisa mangedit video di komputer. Namun dengan hadirnya smartphone yang semakin canggih beserta aplikasi-aplikasi pendukung yang keren-keren, sekarang kamu bisa mengedit video dengan instan di smartphone selayaknya di komputer. Untuk kebutuhan fun & di bagikan ke temen-teman dekat aplikasi video editing di smartphone sudah cukup bagus banget lho. Ga percaya? Coba liat video di bawah.

A video posted by VivaVideo (@vivavideoapp) on


Nah buat bikin video keren kayak di atas kamu bisa pakai aplikasi VivaVideo. Dengan aplikasi VivaVideo kita bisa memotong video, memberikan efek transisi antar video, menambahkan teks, mengaplikasikan filter warna serta menambahkan musik di video. Dibandingkan dengan editing video di komputer, pengoperasian editing video di VivaVideo ini jauh lebih mudah.

2. Cinemagraph
Ada yang belum tahu apa itu cinemagraph? Cinemagraph adalah foto diam dengan sedikit unsur gerakan elemen kecil sehingga foto menjadi lebih hidup. Simple-nya cinemagraph itu sebuah foto dimana pada bagian tertentu foto tersebut dibuat bergerak selayaknya video atau animasi. Biar lebih jelas lihat foto dibawah:

A video posted by Dominique (@allthatisshe) on


Terlihat kan pada foto di atas terdapat bagian yang bergerak selayaknya video sedangkan bagian lain seperti foto pada umumnya. Kalian bisa membuat cinemagraph di smartphone dengan menggunakan aplikasi MaskArt. Cara menggunakannya cukup mudah, kita tinggal merekam video seperti bisa, setelah selesai merekam kita menyeleksi bagian video mana yang ingin ditampilkan bergerak, sedang bagian yang tidak diseleksi akan menjadi foto diam.

3. Timelapse
Timelapse adalah teknik video videografi dimana frekuensi frame yang ditangkap (frame rate) jauh lebih rendah daripada yang digunakan untuk merekam video yang biasa, sehingga tampaknya waktu bergerak lebih cepat. Timelapse sering dipakai saat membuat video peristiwa alam semisal sunrise atau juga untuk mendokumentasikan suatu kegiatan. Berikut contoh video timelapse:

A video posted by Timelapses Made With iPhone (@iphone.timelapses) on


Ada perangkat pendukung wajib untuk membuat video timelapse seperti di atas yaitu Tripod. Kenapa butuh tripod? Tripod digunakan agar video yang kita ambil stabil sebab kita harus merekam kejadian dengan durasi yang lama. Buat smartphone kami bisa memakai mini tripod atau gorrilla pod. Semisal kebetulan tidak ada tripod kamu bisa akali dengan memakai benda yagn sekiranya bisa difungsikan seperti tripod misalnya misal tas atau buku. Untuk membuat timelapse kamu bisa menginstall aplikasi Lapse It atau kamu juga bisa memakai fitur timelapse bawaan smartphone kamu.

4. Slow Motion
Slow motion merupakan kebalikan dari timelapse. Slow motion merupakan teknik vidoegrafi dimana gerakan dalam video itu jadi lebih lambat dan bisa diamati dengan lebih seksama. Untuk membuat slow motion yang bagus kita harus mengambil video dengan frame rate yang lebih banyak dari pada frame rate video standar. Misal di iPhone 6s frame rate video default-nya ialah 30 frames per second (fps) & saat kita mengaktifkan mode slow motion video akan direkam dalam 60 fps. Dengan slow motion kita bisa membuat video berkesan dramatis.

A video posted by b_hops ?✈️ (@b_hops) on


Untuk membuatnya kita bisa memakai fitur bawaan smartphone. Jika ternyata smartphone kamu tidak ada fitur tersebut kita bisa mengakali dengan menginstal aplikasi Splice. Dengan aplikasi ini kita bisa membuat video diperlambat menjadi 0,5 kali kecepatan normal, sehingga bisa memberikan kesan slow motion. Namun video yang dihasilkan tidak sebagus jika memang direkam dengan fitur slow motion bawaan smartphone sebab fps-nya berbeda. Tetapi video untuk kebutuhan fun sudah cukup bagus kok.

5. Stop Motion
Stop motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Teknik stop motion yang paling mudah dilakukan ialah object animation/animasi objek. Kalian bisa membuat stop motion dengan menggunakan benda-benda seperti: boneka, action figure, mobil-mobilan, kaleng, atau benda-benda lainnya. Berikut contoh stop motion video:

A video posted by gundam model hk (@gundam_modelhk) on


Untuk membuat stop motion kita bisa memakai aplikasi Stop Motion Studio. Dengan aplikasi ini kita bisa lebih mudah mengambil foto secara berurutan lalu merangkainya menjadi animasi yang utuh serta menambahkan musik & efek suara agar stop motion menjadi lebih hidup.

6. Photo Slideshow
Punya banyak stok foto memorable moment tapi kalau di-upload semua di Instagram khawatir malah men-spam timeline.Tapi sayang juga kalau foto-foto itu akhirnya cuma berakhir di memory card. Bagaimana jika foto-foto tersebut dijadiin photo slideshow seperti video di bawah:

A video posted by ?Indianapolis Wedding Photog (@rhatfieldphoto) on


Nah buat bikin photo slideshow seperti di atas tersebut kamu bisa menggunakan apliaksi Animoto. Caranya sangat mudah. Kita tinggal memilih foto yang ingin dimasukkan. Setelah itu diurutkan fotonya & tambahkan musik. Lalu tinggal di-export menjadi photo slideshow.

7. Photo + Music
Lagi ngerasain mood tertentu & pengen upload lagu ke Instagram yang mewakilin mood kamu. Atau pengen share lagu/OST favorit kamu di timeline. Tapi bingung karena ga bisa upload lagu di Instagram. Sebab Instagram cuma bisa upload foto dan video. Kenapa ga coba bikin photo + music superti video berikut:

A video posted by Teh UNGA [BungaApril Studio] (@bunga_dibulan_april) on


Install aja Sounds App. Pilih foto yang mewakili mood kamu atau band/penyanyi lagu tersebut & masukkan musiknya. Lalu export. Jadi deh, tinggal diupload ke Instagram.

Gimana ternyata banyak teknik kan agar bisa bikin konten Instagram yang beda & keren. Tertarik pengen coba? Yuk cobain salah satu teknik & aplikasi di atas! Selamat berkreasi!

 

*P.S.: Postingan ini khusus gue tulis untuk ikut seleksi Trivia Writers Camp. Doain semoga lolos ya! ;D