DigitalRev setelah Kai & Lok Hengkang

Bagi pecinta fotografi DigitalRev TV (DigitalRev) merupakan channel yang tidak asing. Channel Youtube dengan 1,770,311 subscribers ini merupakan csalah satu channel terpopuler di kalangan pecinta fotografi. Akhir tahun 2016 yang lalu kedua host mereka, Kai Man Wong dan Lok Cheung memutuskan untuk keluar dari DigitalRev. Setelah mereka berdua keluar gue penasaran seperti apa DigitalRev ke depan. Ga bisa dipungkiri keduanya merupakan nyawa dari video-video DigitalRev. Si Kai yang petakilan dan Lok yang kalem menjadi combo yang saling melengkapi. Jika dirunut agak ke belakang sebenarnya DigitalRev juga telah ditinggal salah satu personel penting mereka yaitu Alamby (produser) yang pindah ke luar Hongkong. Di zaman mereka masih aktif ketiganya merupakan combo gokil sehingga DRTV bisa mencapai kepopuleran seperti sekarang. Beberapa orang menyebut DigitalRev sebagai Top Gear-nya fotografi.

Tak pernah ada pernyataan secara gamblang kenapa mereka berdua cabut, tetapi sepertinya kita bisa menebak sendiri. Dengan melihat video Lok yang sempet curhat dia ga punya kamera untuk bikin video setelah keluar dari DigitalRev sepertinya salary yang diberikan ke mereka tak seberapa, padahal Youtube content creator sedang trending akhir-akhir ini, beberpa diantaranya bisa menjadi milliader dari Youtube, misal PewDiePie. Well, cuma mereka berdua & manajemen DigiralRev yang tahu alasan sebenarnya mereka cabut.

Jika berkunjung ke channel DigitalRev tak banyak video baru yang diupload setelah Kai & Lok cabut, cuma terdapat 3 video baru. Bahkan satu di antara 3 video tersebut merupakan pengenalan channel baru mereka ‘Burst Mode’. Di channel DigitalRev yang lain, ‘Bokeh’, bahkan cuma ada satu video baru setelah Kai & Lok cabut, itu pun video tentang Adobe Photoshop. Well, sepertinya DigitalRev membekukan kedua channel yang sempat di-host oleh Lok & Kai, yaitu ‘DigitalRev TV’ & ‘Bokeh’ lalu mengantinya dengan membuat channel baru ‘Burst Mode’. Masuk akal, mereka tidak ingin fans/subscriber lama mereka protes dengan perubahan hoststyle video-video mereka selanjutnya.

Dari 3 video terakhir DigitalRev yang terakhir diupload ada satu yang sangat gue suka, “AnalogRev: Canon AE-1 Program”. Host-nya Ian, Ian meng-host epidose AnalogRev sejak Mei 2016, belum banyak baru 7 episode, dan karakternya berbeda dengan Kai, lebih kalem. Namun review-nya tetap asik. Style editing videonya juga berbeda dengan style DigitalRev biasanya, lebih cinematic & deep. Buat WazPie Muffin, videografer & editor episode analogRev ini, satu kata great job!. Saking kerennya, pas nonton videonya jadi ingin motret memakai kamera analog. Kalau kata anak sekarang halu banget lah videonya!

Melihat respon/komentar di video, sambutannya sangat positif. Jikalau ada konten yang masih bisa dimasukin ke DigitalRev sepertinya AnalogRev ini. Khusus AnalogRev kita bisa menikmati video DigitalRev tanpa terbayang-bayang dengan Kai & Lok sebab mereka memang sangat jarang me-review kamera analog & memang style hosting AnalogRev sangat cocok dengan Ian. Videonya bisa dilihat di bawah.

Semoga Kai & Lok tetap sukses dengan petualangan barunya. Dan semoga DigitalRev tetap menyajikan konten fotografi yang bagus seperti biasanya.

DigitalRev, more AnalogRev please!

#

* NB: Baru sejam publish artikel ini eh baru tau kalau WazPieMuffin & Ian Wong juga cabut dari DigitalRev. Something f*ckin’ wrong with DigitalRev!!!