Deep Work & Be So Good They Can’t Ignore You

Ceritanya gue lagi pengen baca bukunya Carl Newport yang berjudul “Success in a distracted world: DEEP WORK” dan “Be Rare & Valuable: SO GOOD THEY CAN’T IGNORE YOU” tetapi masih sayang budget sebab barusan juga habis beli buku impor juga. 2-3 tahun terakhir ini gue mulai suka beli buku luar negeri berbahasa Inggris yang memang harganya cukup berasa di kantong. Sebab harnya bisa 3-4 kali lipat harga buku yang sama versi terjemahan bahasa Indonesia. Pernah mencoba beli buku inceran versi terjemahan tapi pas dibaca rasanya kurang nendang. Kalau gue bilang kualitas penerjemahnya kurang bagus. Mungkin lumayan ok secara alih bahasa namun tidak secara penjiwaan kontennya, Bahkan tadi sempat baca summary buku terjemahan yang kosa katanya aneh. Sebenarnya bisa dimaklumi sih sebab kebanyakan penerjemah cuma melakukan alih bahasa saja & mereka bukan orang yang berkecimpung di bidang yang sama dengan penulis aslinya.

Sebagai solusi alternatif gue install app Blinkist, sebuah aplikasi ringkasan buku-buku best seller non fiksi dalam bentuk teks & audio. Setelah diinstall gue baru tahu bahwa biar kita bisa mengakss kontennya kita harus berlangganan/subscription terlebih dahulu. Kalau bayarnya bulanan sekitar Rp 160.000/bulan, sedangkan kalau dibayar tahunan bisa lebih hemat 41% jadi sekitar Rp 100.00/bulan. Buat gue itu masih lumayan mahal. Walaupun kalau dibandingin sama harga 1 buku impor sih masih relatif murah, yang mana 1 buku sekitar Rp 200.000,- hingga 350.000,-. Mungkin di masa depan gue bakal mencoba subscription Blinkist..hehe

Akhirnya cari alternatif lainnya.

Yang namanya keterbatasan bisanya malah memicu kita untuk berpikir kreatif. Iseng cari di Youtube ternyata ada channel “Productivity Game” yang membuat video ringkasan buku-buku yang gue ingin baca tersebut. Pengemasannya pun menarik & voice overnya pun juga ok. Bagi yang tertarik silakan simak video berikut:

“Success in a distracted world: DEEP WORK” by Cal Newport

 

“Be Rare & Valuable: SO GOOD THEY CAN’T IGNORE YOU” by Cal Newport

 

Yuk, mari dipraktekkan :)