MV Bigbang dengan Sinematografi Terbaik

Bigbang salah satu boyband terbesar di Korea. Setiap meluncurkan single hampir pasti merajai chart musik Korea. Bahkan beberapa musisi Korea sampai menghindari meluncurkan album bersamaan dengan peluncuran album Bigbang dan album solo personelnya. Salah satu faktor yang membuat mereka bisa tetap awet merajai industri musik Korea ialah kebanyakan lagu-lagu mereka dibuat oleh personal mereka sendiri. Bahkan beberapa single terakhir Bigbang diproduseri oleh G-Dragon sendiri. This guy is fuckin’ genius!

Salah satu hal terbaik dari artist di bawah naungan YG ialah music video (MV) yang dibuat gak pernah jelek, terutama Bigbang. Mereka selalu mempunyai konsep yang nyentrik bahkan terkadang aneh, misal untuk lagu ‘Monster’. Tapi hal tersebut lah yang membuat mereka stand out dari artist lainnya.

Berikut beberapa MV terbaik Bigbang versi gue, terutama dari sisi sinematografi:

5. HARU HARU (하루하루)


Year: 2008
Directed by: Cha Eun Taek

Haru-Haru merupakan single Bigbang yang membuat mereka terkenal seperti sekarang. Bagian terbaik dari MV ini ialah story-nya yang berasa menonton film pendek. Yak, pada tahun-tahun tersebut banyak MV musisi Korea yang menggunakan style film pendek. Tidak seperti sekarang kebanyakan yang menitikberatkan koreografi.

 

4. LOSER


Year: 2015
Directed by: Han Sa Min

MV dari single di album ‘Made and M’ ini merupakan MV comeback Bigbang sejak terakhir meluncurkan MV di tahun 2012. Dengan lirik yang bercerita tentang masalah asmara yang sangat identik dengan tema-tema lagu Bigbang, MV ini dibuat apik dengan tiap personal menggambarkan kefrustasian hubungan asmara mereka dengan karakter yang berbeda-beda.

 

3. LAST DANCE


Year: 2016
Directed by: Han Sa Min

MV ‘Last Dance’ merupakan MV terakhir Bigbang sebelum mereka hiatus dari industri musik Korea sebab personel mereka akan melakukan wajib militer akhir tahun 2017 ini. Pertama menonton MV ini leher gue pegel sebab kameranya diputer-puter. Namun setelah diulang gue suka dengan sinematografi MV ini. Setiap personel memiliki tone warna sendiri-sendiri. Dan walaupun kameranya muter-muter tapi komposisi gambar di setiap scene sangat bagus terutama gambar hitam putih bagian scene GD. Fuckin’ artsy!

 

2. LET’S NOT FALL IN LOVE (우리 사랑하지 말아요)


Year: 2016
Directed by: Han Sa Min

Jarang-jarang Bigbang mengambil style MV ceria seperti di single ‘Let’s not Fall in Love’ ini sebab memang tema musik mereka kebanyakan putus/broken heart. Han Sa Min men-direct MV ini dengan apik. Mimik wajah tiap personel dan pasangannya terlihat alami dengan style personal mereka masing. Tone warna yang lembut pun ikut membuat video ini lebih hidup. Ada hal spesial di MV ini, yaitu terdapat hidden message di scene ketika GD bicara random saat bercakap dengan pasangan wanitanya di menit 02:52. Jika suara tersebut di-reverse maka akan ada pesan tersembunyai “.em s’tI .uoy ton s’ti ,yrroS”.

 

1. LOVE SONG


Year: 2011
Directed by: Han Sa Min

Single ‘Love Song’ mungkin tak sepopuler single Bigbang yang lain, namun secara sinematografi ini merupakan MV Bigbang favorit gue. Dengan one take style MV ini merupakan tantangan besar untuk sang sutradara. Sebab adegan sebisa mungkin harus benar dalam sekali ambil jika tidak maka harus mengulang lagi dari awal. Jika dicermati sebenarnya MV ini 2 kali take, terdapat transisi di menit 03:02 namun Han San Min apik membat transisinya sehingga gambar berasa continous (ga terpotong). Tone warna hitam putih juga terbilang berani, sebab jarang sekali boyband apalagi girlband menggunakan tone hitam putih. Kpop sangat identik dengan warna-warna cerah.

 

Jika diperhatikan Han Sa Min merupakan sutradara 4 dari 5 MV di atas. Sepertinya dia merupakan sutradara langganan YG. Han Sa Min juga membuat MV artist YG lainnya, semisal 2NE1, iKon, Blackpink, Tablo & Lee Hi. Selain membuat MV Han Sa Min juga memiliki studio Dextor Lab yang membuat bumper, iklan & motion graphic untuk TV dan Brand terkemuka. Serius karyanya ga ada yang jelek! http://dextor-lab.com/wp/dextorlab/ .

Well, jika dicermati YG memang sangat serius memproduseri artist mereka, sehingga tidak heran artist-artist YG selalu menghasilkan hits!

Ini kenapa gue nulis giniian yak?
For the sake of cinematography man!