Menyelami Kejeniusan Sampul Majalah ‘The New York Times Magazine’

Ada istilah ‘don’t judge book by its cover’. Well, benar kita tidak boleh menilai sesuai dari yang nampak luarnya saja. Tapi hal tersebut tidak sepenuhnya mutlak, kita boleh saja menilai sesuai dari hal yang nampak di luar sebab kita memang dianugerahi indera penglihatan. Hal tersebut sangat berlaku di dunia editorial design, terutama majalah. Sampul menjadi penentu apakah calon pembeli melirik atau bahkan membeli majalah yang terpampang di rak. Kenapa? Sebab di sana berjejer puluhan majalah lain dan pembeli biasanya hanya membeli 1-2 majalah yang dipajang disana.

Salah satu majalah yang desain sampulnya sering menarik perhatian gue ialah ‘The New York Times Magazine’.  ‘The New York Times Magazine’ merupakan majalah sisipan di koran ‘The New York Times’ edisi hari Minggu. Majalah ini biasanya membahas satu tema khusus yang diulas secara mendalam. ‘The New York Times Magazine’ juga terkenal dengan kualitas fotografinya, sehingga tak heran sampulnya pun digarap dengan serius. Berikut beberapa sampul favorit gue edisi (2013-2016):

the-new-york-times-magazine-cover-1

the-new-york-times-magazine-cover-2

the-new-york-times-magazine-cover-3

the-new-york-times-magazine-cover-4

the-new-york-times-magazine-cover-6

the-new-york-times-magazine-cover-5

the-new-york-times-magazine-cover-7

the-new-york-times-magazine-cover-8

the-new-york-times-magazine-cover-10

the-new-york-times-magazine-cover-11

Selain suka dengan art direction sampulnya, gue juga suka lettering logo The New York Times Magazine, indah sekali huruf blackletternya!

P.S.: Gambar sampul diambil dari Coverjunkie
Pas cari koleksi lebih lengkap sampulnya – biasanya lihat di Instagram – ternyata baru tahu kalau ada website yang mengarsipkan desain sampul majalah yang bagus-bagus, Coverjunkie! Sayang gambarnya ga highres.