“MAX Motor Dreams”, Ketika Ford membuat Tempat Tidur Bayi Pintar

Beberapa bayi sering terlelap ketika dalam perjalanan di mobil. Pun hal tersebut terjadi saat berkendara di mobil Ford. Hal tersebut bisa terjadi karena goyangan/movement mobil saat berkendara & juga karena ambience (cahaya lampu & suara jalan) yang dirasakan bayi saat di dalam moobil. Ford mencoba menciptakan pengalaman naik mobil tersebut ke dalam sebuah tempat tidur bayi pintar (smart crib) yang dinamakan “MAX Motor Dreams”. Smart crib ini bisa mensimulasikan pengalaman berkendara mobil yang biasa bayi gunakan. Cara kerjanya, kita merekam ‘pengalaman berkendara’ di mobil menggunakan aplikasi smartphone yang diaktifkan saat berkendara. Setelah itu hasil rekaman tersebut di transfer ke smart crib dan di terjemahkan menjadi movement & lampu ambience. 

Di antara smart device yang beberapa tahun belakangan ini banyak bermunculan, bahkan banyak yang terkesan memaksa, seperti smart refrigerator yang bisa untuk diajak ngobrol dan browsing atau pembuat jus yang sedang fenomenal saat ini, mungkin ini salah satu smart device yang applicable & berguna untuk masyarakat (minimal untuk masyarakat Amerika & Eropa).

Menarik bagaimana Ford akan mengembagkan produk ini ke depannya sebab sekarang masih berupa prototype. Dan ternyata misal di waktu mendatang smart crib ini ternyata benar-benar diproduksi bukan tidak mungkin akan menjadi proyek sampingan Ford yang booming. Namun ada sedikit kendala yang bisa jadi menjadi penghambat mengapa smart crib ini belum diproduksi untuk umum. Pertama, masalah harga. Yang kedua, masalah masa penggunaan produk ini. Dengan pertumbuhan tubuh bayi yang cepat, produk ini cuma bisa dipakai dalam rentang 2-3 tahun. Setelah itu produk ini tidak terpakai atau bahkan diperjualbelikan sebagai barang second yang mana membuat Ford bakal kesulitan memasarkan produk baru mereka ke pasar.

Mari kita lihat saja bagaimana smart crib ini kedepannya.