#TumpukDiTengah Setelah Selesai Makan

Beberapa bulan yang lalu sempat ada kasus viral tentang rebutan meja di sebuah resto. Jadi ceritanya resto tersebut sedang penuh dan meja yang kosong tentu masih berantakan karena belum dibereskan oleh pelayan. Karena pelayan resto sedang sibuk semua maka akhirnya pengunjung yang mau menempatinya membantu membereskan meja tersebut (sepertinya sampai mengantarkan piring & gelas dapur). Eh pas balik ternyata sudah ada sekelompok orang lain yang ujug-ujug menempati meja yang sudah dibereskan tadi. Terjadi keributan lah gara-gara hal tersebut. Ya iya lah, sudah bantu bersihin eh tiba-tiba diserobot sama orang lain.

Di masyarakat Indonesia memang tidak ada kultur membersihkan atau merapikan meja setelah makan di resto. Berbeda dengan di negara maju yang mana jika makan di tempat fast food setelah selasai kita sendiri yang memberekan bekas makanan tadi dan membuang sisa makanan ke tempat yang disediakan. Well, karena memang pegawai di sana terbatas dan masayarakat di sana sudah terbiasa dengan kultur self service tersebut.

Untuk di resto mungkin ga sampai membersihkan meja tapi minimal dengan merapikan mejanya. Hal paling simple yaitu dengan menumpuk piring/mangkok yang selesai kita pakai menjadi satu. Sisa makanan & sendok/garpu di taruh di piring/mangkok paling atas, sedangkan piring/mangkok yang kosong ditumpuk di bawahnya. Seperti video kampanye #TumpukDiTengah garapan Ceritanya berikut:

Setelah kasus viral rebutan meja resto tersebut gue mencoba mengaplikasikan #TumpukDiTengah (sewaktu sebelum video tersebut dibikin) ketika makan di resto/warung bareng temen. Awalnya gue yang narikin piring temen-temen yang dah beres makan. Setelah beberapa kali kesempatan temen-temen gue jadi tergerak untuk melakukan hal yang sama meskipun gue belum melakukannya, karena gue makannya agak lama, biasa beres akhir…haha

Manfaat #TumpukDiTengah piring/mangkok setelah kita selesai makan antara lain:

  • Meja jadi lebih rapi dan lega. Jadi kalau mau nerusin ngobrol setelah makan pun jadi lebih nyaman ketimbang saat piring/mangkok masih berserakan di meja.
  • Meringankan beban pelayan. #TumpukDiTengah benar-benar mempermudah nelayan membereskan meja. Apalagi saat tempat makan tersebut sedang penuh. Mereka jadi lebih cepat menyiapkan meja untuk pelanggan yang baru datang.

Yuk diaplikasikan #TumpukDiTengah setelah selesai makan di resto/warung. Karena hal baik perlu dibiasakan & disebarluaskan. Terkadang hal-hal yang terlihat ‘sepele’ kayak gini lah yang membedakan bangsa yang sudah maju dengan bangsa yang masih tertinggal. Kalau kata A.A. Gym, untuk berbuat baik itu “Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, mulai dari sekarang!” :)