Hasil Tak Kan Menghianati Ketekunan

Salah satu pelajaran yang bisa gue ambil di era internet ini ialah “hasil takkan menghianati ketekunan” atau bahasa kerennya “result never betray the process”. Di era internet ini kita bisa menjadi siapa saja, dari zero bisa jadi hero atau sebaliknya. Di tulisan ini gue akan akan lihat sisi yang pertama dari zero menjadi hero.

Youtube_Broadcast Yourself

Di awal-awal Youtube muncul terpampang slogan “Broadcast yourself” di website yang sekarang menjadi tempat berbagi video terpopuler di dunia ini. Kira-kira begini artinya “Tunjukkan dirimu ke dunia!”. Dari sini lah akhirnya muncul para content creator atau lebih populer disebut Youtuber di Indonesia, semisal PewDiePie, Casey Neistat, Kurt Hugo Schineider, MKBHD, Sung Ha Jung, AutonetMagz, Eka Gustiwana, Edho Zell, Bayu Skak, Sobat Hape dkk. Beberapa figur tersebut populer karena karakter mereka, skill mereka, review mereka, video kocak mereka dsb.

Walaupun mereka berbeda-beda namun ada kesamaan dari mereka semua. Apa itu? Mereka selalu konsisten membuat & mem-publish konten mereka setiap waktu. Casey Neistat terkenal dengan daily vlog-nya yang sukses dia jalani selama 534 hari berturut-turut. Jika akhir-akhir ini nge-tren vlogging maka orang yang berjasa mempopulerkannya ialah Casey Neistat. PewDiePie setiap minggu selalu muncul di Youtube dengan review video game. Pemuda berumur 27 tahun asal Swedia dengan nama asli Felix Arvid Ulf Kjellberg ini sukses menjadi Youtuber berpenghasilan paling tinggi tahun 2016 yaitu sebesar 15 Million $USD (~170 miliar rupiah). Sung Ha Jung, gitaris asal Kore Selatan ini eksis di Youtube dari sejak umum 9 tahun hingga sekarang umur 20 tahun. Edho Zell, youtuber Indonesia, upload video baru baik video komedi atau vlog setiap Senin & Kamis. Pun juga Sobat Hape, gadget reviewer, yang tiap minggu upload video review gadget sejak 4 tahun yang lalu.

Beberapa di antara mereka berasal dari kalangan berada namun banyak yang dari kalangan biasa saja. Contohnya Sobat Hape. Well, sebenarnya tulisan ini gue bikin gara-gara habis liat video Sobat Hape liputan di launching iPhone 7 bebrapa waktu yang lalu. Beberapa orang mungkin merasa hal tersbut biasa, kan cuma launching hape aja. Namun bagi yang tahu, Sobat Hape identik sebagai reviewer hape rakyat jelata atau reviewer hape kere. Jika reviewer lain suka mereview smartphone flagship maka Bang Moldy (Sobat Hape) ini lebih sering mereview hape menengah ke bawah, semacam produk-produk keluaran Andromax & Xiaomi dkk. Iseng browsing video Sobat Hape yang pertama yang di upload 4 tahun yang lalu, yaitu review Andromax. Videonya dibikin dengan kamera & audio seadanya dengan pencahayaan seadanya yang agak gelap. Tetapi seiring waktu kerja keras & konsistensi dia terbayar, sekarang dia sudah bisa membuat video dengan memakai kamera yang mumpuni & perangkat pendukung lain yang bagus. Dulu dia kemana-mana naik motor sekarang dah bisa beli mobil :’)

Di era internet ini kita bisa menjadi siapa saja. Limitless. Kesempatan terbuka lebar, tinggal kita mau bekerja keras & konsisten, karena hasil takkan menghianati ketekunan!

Sekarang jadi lebih paham dengan Hadist ini:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ
Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.
(HR Muslim)