Bukatalks, Konten Youtube Berfaedah dari Bukalapak

Ridwan Kamil Bukatalks

Random malam ini buka LinkedIn scrolling timeline terus klik tombol play yang di-share CEO Bukalapak, Ahmad Zaky. Video BukaTalks dengan pembicara Ridwan Kamil, walikota Bandung yang juga salah satu arsitek kenamaan Indonesia. Sudah lama ga liat video beliau, apalagi setelah menjabat menjadi walikota. Rasanya seperti beberapa tahun yang lalu saat melihat video beliau mengisi acara TEDx, inspiring! Secara singkat inti dari sesi BukaTalks beliau ialah “Jadilah generasi muda yang pintar & peduli bangsa. Dan berkaryalah mumpung masih muda!”

Lanjut ke BukaTalks. Salut kepada Bukalapak dengan program BukaTalks-nya. Kenapa? Karena Bukalapak tidak hanya membuat karyawan berkerja namun juga meningkatkan pengetahuan para karyawannya. Pembicara BukaTalks pun merupakan tokoh-tokoh lintas profesi yang menonjol di bidang yang ia tekuni, misal: Ridwan Kamil (walikota Bandung & arsitek), Sudjiwo Tedjo (seniman), Pandji Pragiwaksono (komika, musisi, entertainer), Dimas Djayadiningrat (sutradara), Gita Gutawa (musisi), Wishnutama (CEO .NET tv), Willix Halim (COO Bukalapak), Beng Rahadian (komikus), Nurfadli Mursyid (kreator komik Tahilalats), Crystal Widjaja (SVP, Business Intelligence ‎Go-Jek) dan masih banyak lainnya. Sungguh line up pembicara yang gokil!

Tak hanya itu, BukaTalks juga didokumentasikan dengan baik, direkam & diedit dengan rapi lalu diunggah di Youtube agar bisa ditonton semua orang. Jadi dengan program BukaTalks, Bukalapak berusaha mencerdaskan para karyawannya sekaligus berkontribusi mencerdaskan masyarakat Indonesia secara luas.

Tak hanya BukaTalks ,Bukalapak punya konten menarik lainnya. Kalau mampir ke channel Youtube Bukalapak ada berbagai macam konten video yang tersusun rapi di sana, yaitu:

  • BukaTalks: video tentang berbagi knowledge & experience. Ga kalah ma TEDx lho!
  • BukaBantuan: video tips menggunakan Bukalapak. A nice customer service move!
  • BukaMusik: video konser musik. Sebuah cara meningkatkan happiness index para karyawan & pelapak Bukalapak!
  • BukaPaket: unboxing produk kekinian. Seperti umumnya product reviewer yang sedang trending di Youtube!
  • Medok Pendekar Jari Saktioriginal series Bukalapak. Semacam Netflix series dengan kearifan lokal..hehe Nice marketing move Bukalapak!
  • Iklan Bukalapak: kumpulan video iklan & TVC Bukalapak. Yup kumpulan iklan Bukalapak yang gokil-gokil itu!
  • Webinar Komunitas Bukalapak: video edukasi untuk para pelapak. Sebuah usaha untuk mencerdaskan & meningkatkan kemampuan para pelapak online, joss!
  • Cerita Pelapak : video dokumentasi acara komunitas pelapak Bukalapak. Sebuah cara apresiasi yang baik untuk pihak yang membuat Bukalapak sebesar sekarang, mantap!
  • Catatan Harian Bukalapak: video dokumentasi kehidupan di kantor Bukalapak. Salah satu cara mengabadikan momen kebersamaan sekaligus meraih hati para talent untuk bergabung ke Bukalapak.

Satu kata buat konten2 di channel Bukalapak, EPIC!!!!!
Sebelumnya gue ga pernah nemu konten Youtube dari sebuah perusahan Indonesia yang serapi, seberfaedah & sevariatif channel Youtube Bukalapak. Dari konten-konten tersebut kita bisa melihat kalau Bukalapak ga cuma memperhatikan para pelanggan, tapi juga para karyawan, pelapak, hingga masyarakat umum. Mantap soul! Ga heran sih kalau CEO Bukalapak, Ahmad Zaky, menjadi salah satu Most Viewed Top Leaders on LinkedIn in Indonesia for 2017.

Sebagai penutup mari kita liat video BukaTalks sesi kreator komik super random kekinian Tahilalats, Nurfadli Mursyid! Jikalau ada istilah2 trending kekinian yang sekarang sering kita jumpai beberapa waktu belakangan seperti: Anjay! KOK KZL YA? Tsadeeessst! Xian jing! Aku bisa jelaskan…dll dia lah penyebabnya 😂