Tips Menyiapkan Ruang Kerja di Rumah (WFH)

Tips Menyiapkan Ruang Kerja di Rumah (WFH)

2 bulan terakhir semenjak pandemi & pemberlakuan PSBB banyak pekerja yang melakukan Work From Home (WFH). Berikut beberapa tips dari konten kreator, desainer interior & pakar ergonomi untuk menyiapkan ruang kerja di rumah.

 

1. Siapkan Furnitur

Siapkan furnitur terbaik semaksimal yang bisa didapatkan. Setiap orang memiliki kapasitas berbeda, jika tidak ada dana pakai furnitur apa saja yang tersedia di rumah. Jika ada dana maka beli furnitur terbaik sesuai anggaran yang disediakan.

Dari semua furnitur yang paling penting ialah kursi kerja. Kenapa? Sebab kita duduk berjam-jam setiap hari, jika kursinya ga bagus maka kurang nyaman bekerja dalam waktu yang lama, badan cepat pegal & punggung sakit. Banyak yang akhirnya menyadari betapa pentingnya kursi kerja yang layak setelah WFH. Dan sebagian akhirnya tahu betapa mahalnya harga kursi yang mereka pakai tiap hari di kantor.

Kemarin sempat mencari kursi kerja dengan harga di bawah 1,5 juta. Beberapa brand yang gue rekomendasikan setelah menjelajah ratusan produk secara online: Fabelio, Informa & Ikea. Untuk tipe kursi & harganya silakan kunjungi websitenya atau cari di market place. Bagi yang punya anggaran tak terbatas bisa ambil Herman Miller.

Berikut contoh penataan ruang kerja di rumah yang baik & estetik:

 

2. Styling Ruang Kerja

Jika furnitur sudah siap maka bisa lanjut ke functional styling ruang kerja agar area kerja nyaman, rapi & efisien. Tips singkat dari channel “Never Too Small” (menit 1.00-3.00) ini sangat membantu, silakan disimak:

 

3. Menata Ergonomi Meja & Kursi Kerja

Furnitur yang bagus serta ruang yang tertata dengan baik belum akan membuat kerja nyaman jika penggunaannya tidak ergonomis. Dari tinggi kursi-meja ideal, jarak mata ke layar hingga kaki menapak lantai berpengaruh terhadap kenyamanan & kesehatan tubuh kita. Tips dari Wall Street Journal ini penting banget untuk diaplikasikan:

 

Sekian.
Semoga bermanfaat.