Film Dokumenter

Lama ga nonton film barat karna temanya lagi monoton. Akhir-akhir ini film Hollywood kebanyakan adaptasi dari novel atau ga live action dari kartun/animasi. Yang mana kalau kita sudah tau jalan ceritanya nontonnya bakal ga terlalu seru, ga ada twist-nya.

Pas kapan Bhaga bikin list film dokumenter ala-ala game di twitter, 1 like = 1 dokumenter.


Listnya menarik. Dari semua daftar tersebut baru 2 film yang sudah gue tonton “War Potographer” & “Helvetica”. Ga semuanya pengen gue tonton sih. Ini beberapa yang masuk list tonton setelah liat trailer-nya:

“Winter On Fire: Ukraine’s Fight for Freedom”

Dokumentasi Ukraina yang pengen lepas dari Rusia tahun 2013 lalu.

 

“The True Cost”

The dark side of fashion industry. Ga tau masih mau beli barang ‘branded’ ga setelah nonton film ini :/

 

“Bill Cunningham New York”

Dokumentasi sang pelopor street fashion photography, Bill Cunningham. Bagi yang demen street photography wajib tonton nih.

 

“The Big Short”

Tentang krisis keuangan America tahun 2008. Ya, ini bukan film dokumenter. Tapi film ini mau gue tonton dulu sebelum nonton film dokumenter “Inside Job”.

 

“Inside Job”

Yang gagal paham ama film “The Big Short” katanya suruh nonton film ini. Film ini versi dokumenter krisis ekonomi Amerika tahun 2008. Kasus paling mirip yang terjadi di Indonesia yaitu skandal BLBI, walaupun ga sama persis. Gitu lah, swasta bawa kabur pinjaman/talangan negara. Yang tertarik ma tema seperti ini bisa baca artikel ini.

 

Sudah.