Ian Wong

“Digital Darkroom,” Proyek Ian Wong setelah keluar dari DigitalRev (AnalogRev)

Photography enthusiast pasti sudah tidak asing dengan channel Digital Rev TV/DRTV di Youtube. Akhir tahun 2016 lalu content creator mereka yang bersama-sama memutuskan keluar dari DRTV, mulai dari Kai, Lok, WazPieMuffin & Ian Wong. Secara personal dari keempat personel tersebut Ian Wong merupakan favorit gue. Di DRTV dia membuat konten untuk AnalogRev, konten fotografi dengan kamera analog. Khas dari video yang dia buat, kalem & artsy, sebuah antitesis dari tren vlogger zaman sekarang, hectic & ‘seadanya’.

Melihat video yang dibikin Ian, gue jadi inget kata teman kost zaman kuliah dulu yang merupakan analog photographer enthusiast: “Jangan sampai kenal fotografi analog deh bang, racun!!! hahaha”, begitu katanya ketika gue numpang nonton TV di kamarnya sembari dia mengutak-atik gear analognya sehabis mencuci film di kamar mandi kamar dia. Ya, teman gue itu sampai belajar mencuci film sendiri di kamar mandi dalem kamar..haha Waktu itu gue ga tahu apa maksud dia, tapi setelah menonton beberapa video Ian serta mengenal karya-karya Hideaki Hamada gue jadi tahu apa maksud temen gue tersebut. Kamera analog memang memiliki magis tersediri. Dan sampai sekarang gue merasa hasil jepretan kamera analog masih di atas kamera digital. Tone warna kamera analog sampai saat ini belum mampu dihasilkan oleh kamera digital. Coba lihat album “Haru & Mina” karya Hideaki Hamada yang diambil menggunakan Pentax56 di sini.

Kembali ke Ian Wong. Setelah beberapa bulan keluar dari DRTV satu per satu personel DRTV mulai menghidupkan channel mereka sendiri, tak terkecuali Ian Wong. Dia adalah yang terakhir dibandingkan Kai, Lok & WazPieMuffin yang sudah dari wal tahun ini membuat video di Youtube. Setelah berbulan-bulan menunggu akhirnya dia mengunggah video baru tentang kamera analog yang project-nya ia beri nama “Digital Darkroom”. Seperti halnya saat dia memegang channel AnalogRev, video pertama Digital Darkroom bener-bener ga mengecewakan, alias bagus banget!!!! Khas Ian banget, kalem, deep & artsy!

Gue berharap semoga Ian terus bikin konten Digital Darkroom. It’s just matter of time dia bakal menjadi Youtube superstar seperti Kai & Lok. Semoga sukses terus Ian dengan project Digital Darkroom-nya!!!:)